Posts Tagged ‘ramadhan’

UNJUK RASA

Posted: July 22, 2012 in celetukan
Tags: , , , , ,

“Dul, ini bahaya. Bahaya Dul, kalau benar-benar terjadi!” kata Kang Ri dengan napas terengah-engah.

“Apa sih, Kang?” ucapku sesantai mungkin.

“Bahaya Dul. Ini sangat berbahaya..” masih dengan napas naik turun.

“Iya, apanya yang bahaya? Nggak ada angin, nggak ada hujan, nggak ada pula gempa kok bahaya..”

Sweerrr Dul, kalau ini benar-benar terjadi, maka akan…”

“Bahaya!” kataku cepat nimpali.

“Benar,  katamu”

Lha, iya toh. Lha wong sampean dari tadi juga ngomong itu berulang-ulang..”

“Tapi ini bener lho Dul!” Kang Ri sedikit membentak.

“Iya, tapi itu apa? Bahaya, bahaya tok. Tapi tidak mau nyebutin!” kataku tidak kalah sewot.

“Itu lho, Dul. Jama’ah musholah kita at-Taubah berencana berunjuk rasa!”

“Berunjukrasa??” tanyaku sok terkejut. Sengaja biar terkesan ekspresif, dan Kang Ri jadi senang.

“Benar. Berunjukrasa!!” katanya tidak kalah ekspresif.

(more…)

Advertisements

ISBAT

Posted: July 20, 2012 in celetukan
Tags: , ,

Kamis Sore, 19 Juli 2012

“Dul, kamu kapan mulai puasa” tanya Kang Ri sehabis berjamaah shalat Asyar di musholla sebelah rumah .

“Ya awal Ramadhan lha, Kang!” jawabku, mantap.

“Itu, ya udah jelas dong. Semua juga puasa satu Ramadhan. Masak, satu syawal? Maksudku..”

“Hehehe, kalau itu saya nunggu sidang isbat pemerintah aja deh. Kata banyak orang, pemerintah kan Ulil Amri yang wajib ditaati”

“ Ohh gitu ya? Berarti kamu mulai puasa hari sabtu dong?” Tanya Kang Ri, mengejar.

“Lho, kok tahu, Kang? Kan Ulil Amri belum memutuskan” kataku balik bertanya.

“Kan bisa ditebak hasilnya?”

(more…)

PUASANYA TIDAK DITERIMA

Posted: July 29, 2011 in naskah khutbah
Tags: ,

Dua hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan di mana kita diwajibkan untuk berpuasa. Sebagaimana firmannya dalam QS. Al-Baqoroh [2] ayat 185:

 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(more…)