MK. Media Pembelajaran (PBA)

IDENTITAS MATA KULIAH:

Nama Mata Kuliah : Media Pembelajaran Bahasa Arab
Jenjang Mata Kuliah : S-1
Fakultas/Prodi. : Agama Islam / Pendidikan Bahasa Arab
Semester / tahun : Ganjil/2016-2017
Jumlah SKS : 2 (dua)
Fasilitator : Saiful Amien, M.Pd

DESKRIPSI MATAKULIAH:

Matakuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa secara teoretis dan praktis. Yaitu berupa wawasan, konsep dan prinsip dasar media pembelajaran serta keterampilan praktis dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran Bahasa Arab (materi SD/SMP/SMA dan sederajat). Dari itu, muatan MK ini lebih ditekankan pada aspek teori dan praktik.

STANDARD KOMPETENSI:

Setelah belajar MK ini, mahasiswa mampu:

  1. Mengusai secara teoretis wawasan, konsep dan prinsip pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab;
  2. Merancang dan mengembangkan media pembelajaran Bahasa Arab untuk materi SD/SMP/SMA dan sederajat yang tepat guna (efektif, efisien dan menyenangkan).

MATERI PERKULIAHAN:

I LEARNING NEED ASSESSMENT & KONTRAK BELAJAR:

Di sini dosen dan mahasiswa melakukan taarruf terkait dengan belajar dan pembelajaran yang akan dilaksanakan secara bersama-sama. Pertama, dosen menjelaskan orientasi dari MK ini; kedua, mengkritisi dan merevisi draf silabi yg diajukan oleh dosen berdasar kebutuhan belajar mahasiswa; ketiga, menyepakati sistem, aturan, jadwal, tempat hingga variable evaluasi.

II POSISI, PERAN DAN FUNGSI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Di sini didiskusikan tentang pelbagai definisi dari gagasan kunci, seperti media, pembelajaran dan Pendidikan Bahasa Arab; posisi media baik dalam desain maupun sistem/proses pembelajaran; fungsi media dalam pembelajaran; juga pelbagai landasan penggunaan media..

 

III MENGIKHTIARI  MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Di sini dibahas tentang pelbagai  variable yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran. Selain karakteristik peserta didik dan kendala, juga tidak kalah pentingnya adalah mempertimbangkan tujuan dan karakteristik materi Bahasa Arab..

IV PENGGOLONGAN MEDIA DAN PEMANFAATANNYA

Di sini dibahas tentang perangkat dan klasifikasi media yang dimungkinkan untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran Bahasa Arab…

V PENGENALAN MEDIA 2 DAN 3 DIMENSI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Di sini dibahas tentang karakteristik media dua dimensi dan media tiga dimensi yang dimungkinkan untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran Bahasa Arab

VI TEKNOLOGI DAN MEDIA: UPAYA FASILITASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Di sini didiskusikan tentang perbedaan antara teknologi dan media; enam katagori dasar media; kontinum abstrak-konkrit; perkembangan definisi belajar; 4 domain belajar; 4 perspektif psikologi belajar dll.

VII STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: UPAYA MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DAN MEDIA

Di sini didiskusikan tentang strategi pembelajaran dalam 4 perspektif: behavioris, cognitivis, konstruktivis, dan psikologi social; pembedaan kelebihan dan keterbatasan dari setiap strategi pembelajaran di atas; pembedaan antara strategi pembelajaran berpusat pada guru dan berpusat pada siswa; teknologi dan media sebagai sumber fasilitasi strategi pembelajaran, dll.

IX PRINSIP-PRINSIP VISUAL: MENDESAIN MATERIAL YANG EFEKTIF

Di sini didiskusikan tentang  visual literacy (melek visual); peranan visual dalam kegiatan belajar; 6 tipe visual; proses dan 4 teknik mengkreasikan visual; dan 2 cara mengambil gambar.

X VISUAL: MENGUATKAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA VISUAL

Di sini didiskusikan tentang 6 jenis media visual non-proyektif (kelebihan, kekuarangan, integrasi); timing penggunaan perangkat lunak presentasi dalam pembelajaran; 3 perangkat untuk melihat gambar digital dalam kelas; kelebihan, kekuarangan dan integrasi gambar digital; situasi khusus pemanfaatan kamera; dll.

XI AUDIO: MENDENGAR DAN BELAJAR

Di sini didiskusikan tentang jenis populer media audio digital dan analog untuk pembelajaran; kelebihan dan kekurangan media audio; lima criteria penilaian dan pemilihan media audio; perbedaan antara mendengar dan menyimak; 4 area penyebab pelemahan komunikasi audio; dll.

XII VIDEO: MENGUATKAN PEMBELAJARAN DENGAN GAMBAR BERGERAK :
Di sini didiskusikan contoh aplikasi video untuk domain pembelajaran: kognitif, afektif dan psikomotor dan interpersonal;  penerapan pembelajaran yang cocok dengan media video; 4 atribut media video; 5 format video popular (karakteristik, kelebihan, kekurangan); teknik produksi media video; dll.

 

XIII KOMPUTER DAN MULTIMEDIA: MENGAKSES DUNIA DIGITAL

Di sini didiskusikan tentang pelbagai teknik dan contoh pengintegrasian computer dan multimedia ke dalam kurikulum; lima jenis perangkat lunak (software) yang bisa dimanfaatkan di dalam kelas; kelebihan dan kekurangan penggunaan computer dan multimedia di dalam pembelajaran; 5 penerapan pembelajaran dengan multimedia; dll.

XIV TREND DALAM TEKNOLOGI DAN MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Di sini dibahas tentang trend dan isu perkembangan teknologi yang memungkinkan dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Arab

BENTUK PEMBELAJARAN

Model : Information processing dan  social interaction
Strategi : Direct, indirect, interactive.
Metode : Lecture, inquiry, case study, cooperative learning.
Tugas : Menyusun artikel: refleksi tentang belajar media.
Media : LCD, papan tulis, kertas, internet dll.
Evaluasi : Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas.

SUMBER INFORMASI:

Degeng, Nyoman Sudana, 1998. Teori Pembelajaran 2: Terapan (Draft). Program Magister Manajemen-Pendidikan Universitas Terbuka.

Mayer, Ricard E., 2009. Multi-Media Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. ITS Press & Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Smaldino, Sharon E., dkk. 2007. Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Merrill/Prentice Hall.

Suryaman, Isman H. 2007. 7 Dosa Besar (Penggunaan) Powerpoint: Kiat Menyajikan Presentasi yang Menarik. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Vaughan, Tay. 2006. Multimedia: Making It Work. Penerbit Andi. Yogyakarta.

MK. MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, GANJIL 2016/2017:

  1. SILABUS MATAKULIAH
  2. TUGAS BACA & BAGI
  3. MAKALAH DISKUSI KELAS: A) PRESENTER 1; B) PRESENTER 2; C) PRESENTER 3; D) PRESENTER 4; E) PRESENTER 5; F) PRESENTER 6