HADITS TARBAWY

SILABUS MATAKULIAH HADITS TARBAWY

Download Silabus, Klik di sini!

 IDENTITAS MATA KULIAH:

Nama Mata Kuliah : Hadits Tarbawy
Jenjang Mata Kuliah : S-1
Fakultas/Prodi. : Agama Islam / Pendidikan Agama Islam
Semester / tahun : Ganjil/2016-2017
Jumlah SKS : 2 (dua)
Fasilitator : Saiful Amien, M.Pd

DESKRIPSI MATAKULIAH:

Matakuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa secara teoretis berupa wawasan tekstual-normative tentang pelbagai konsep dan prinsip dasar yang terkait dengan pendidikan/kependidikan, belajar/pembelajaran, ilmu/keilmuan yang dikaji melalui ahadits nabawiyah. Di sini mahasiswa diarahkan tidak sekadar tahu dan hafal teks hadits-hadits pendidikan, juga mengerti artinya dan memahami gagasan utama (makna pokok) darinya.

STANDARD KOMPETENSI:

Setelah belajar MK ini, mahasiswa diharapkan:

  1. Memiliki wawasan tekstual-normative tentang pelbagai konsep dan prinsip dasar yang terkait dengan pendidikan/kependidikan, belajar/pembelajaran, ilmu/keilmuan yang dikaji melalui ahadits nabawiyah;
  2. Merasakan pentingnya pendidikan/kependidikan, belajar/pembelajaran, ilmu/keilmuan bagi seorang Muslim dan ummat Islam setelah melakukan pengkajian tentang ahadits tarbawiyah;
  3. Mempraktikkan semangat dan gagasan utama ahadits tarbawiyah dalam kehidupannya sebagai seorang Muslim.

MATERI PERKULIAHAN:

I Learning Need Assessment & kontrak belajar:
II Studi Hadits: Wawasan Dasar Tentang Hadits Nabi (1)
III Studi Hadits: Wawasan Dasar Tentang Hadits Nabi (2)
IV Hadits 1: Manusia Dan Potensi Pendidikannya
V Hadits 2: Tujuan Pendidikan
VI Hadits 3: Konsep Ilmu dan Keilmuan
VII Hadits 4: Akhlaq Pendidik
VIII Ujian Tengah Semester
IX Hadits 5: Akhlaq Peserta Didik
X Hadits 6: Perencanaan dan Desain Pendidikan
XI Hadits 7: Kurikulum Pendidikan
XII Hadits 8: Metode dan Media Pembelajaran
XIII Hadits 9: Psikologi Pendidikan
XIV Hadits 10: Evaluasi Pendidikan
XV Hadits 11: Akuntabilitas Penyelenggaraan Pendidikan
XVI Ujian akhir semester

BENTUK PEMBELAJARAN

Model : Information processing dan  social interaction
Strategi : Direct, indirect, interactive.
Metode : Lecture, inquiry, case study, cooperative learning.
Tugas : Tugas Individu: Artikel “Refleksi tentang belajar Hadits Tarbawi”;

Tugas Kelompok: Makalah Presentasi

Media : LCD, papan tulis, kertas, internet dll.
Evaluasi : Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas, kehadiran dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.

 SUMBER INFORMASI:

Al-Husainan, Khalid bin Abdirrahman. 2010. Durus Tarbawiyyah min al-Ahadits an-Nabawiyah. Markaz al-Fajr li al-I’lam.

Al-Ghazaly, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. 2013.Ihya’ Ulum al-Din (Kitab al-Ilm). Dar al-Kitab al-Araby. Beirut Lebanon.

Al-Mawardi. 2009. Jalan Meraih Kebahagiaan Dunia dan Akhirat (terj. Adab al-Dunya wa al-Din). Sahara Intisains. Jakarta.

TUGAS:

  1. Tugas Baca dan Bagi MK. Hadits Tarbawi, Kelas A
  2. Tugas Baca dan Bagi MK. Hadits Tarbawi, Kelas B

SUMBER BELAJAR:

  1. Wawasan Dasar Hadits (1)
  2. Wawasan Dasar Hadits (2)
  3. Kumpulan Hadits Tarbawi
  4. Makalah kelompok 1 (Kelas A)
  5. Makalah Kelompok 1 (Kelas B)
  6. Makalah kelompok 2 (Kelas A)
  7. Makalah Kelompok 2 (Kelas B)
  8. Makalah kelompok 3 (Kelas A)
  9. Makalah Kelompok 3 (Kelas B)
  10. Makalah Kelompok 4 (Kelas A)
  11. Makalah Kelompok 4 (Kelas B)
  12. Makalah Kelompok 5 (Kelas A)
  13. Makalah Kelompok 5 (Kelas B)
  14. Makalah Kelompok 6 (Kelas A)
  15. Makalah Kelompok 6 (Kelas B)
  16. Makalah Kelompok 7 (Kelas A)
  17. Makalah Kelompok 7 (Kelas B)
  18. Makalah Kelompok 8 (Kelas A)
  19. Makalah Kelompok 8 (Kelas B)
  20. Makalah Kelompok 9 (Kelas A)
  21. Makalah Kelompok 9 (Kelas B)

NILAI:

  1. Rekapitulasi Nilai MK. Hadits Tarbawi, Kelas A
  2. Rekapitulasi Nilai MK. Hadits Tarbawi, Kelas B