MENARIK

Posted: April 24, 2010 in celetukan
Tags: , , , ,

“Ada pelajaran menarik dari cucu saya yang masih TK” kata pak Bakhtiar yang duduk di sebelah saya.

“Kalau bapak mau berbagi, boleh dong saya diberitahu?” kataku takdzim. Maklum, pak Bakhtiar memang seumuran dengan almarhum ayah saya kalau sekiranya beliau masih hidup. Walaupun demikian, pak Bakhtiar begitu tawadlu’ dan menghormati mereka yang pernah mengajarinya walaupun hanya satu huruf. Sampai-sampai saya merasa ewuh pakewuh sendiri dengan mbah satu ini.

“Kalau mengajari cucu saya mengaji” jawab pak Bakhtiar, “pasti dia melihat jam dulu, dan berucap ‘hanya limabelas menit ya Kung’. Dan saya mesti menepati”.

“Mengapa begitu, Pak?” tanyaku sambil mereka-reka jawaban, mungkin sang cucu begitu menghargai waktu.

“Saya pertama-tama menyangka, tentu ada sedikit gembira, bahwa cucu saya walaupun masih kecil telah memiliki orientasi dan penghargaan terhadap waktu yang baik. Namun, setiap hendak kuajari mengaji pasti tawarannya begitu. Aku jadi penasaran, dan bertanya: ‘Mengapa setiap belajar mengaji kamu hanya meminta limabelas menit, padahal kalau main game atau baca komik kamu bisa berlama-lama?”

“Lalu, jawabannya apa, Pak?” tanyaku.

“Cucuku menjawab spontan: karena saya ngerti komik yang saya baca” ujar pak Bakhtiar,”Saya jadi tersadar, benar juga ya, mungkin kalau anak-cucu kita mengerti ayat-ayat al-Qur’an yang dibacanya mungkin dia tertarik dan mau membacanya berlama-lama”

“Saya sepakat juga dengan pak Bakhtiar tentang itu” ujarku mengomentari, “namun, maaf pak, ada satu lagi menurut saya yang membuat anak-anak betah main game atau baca komik”

“Apa itu, Pak?” tanya pak Bakhtiar.

“Kemenarikan” ujarku, “selain dimengerti juga menarik. Komik atau game, walaupun mudah dipahami tapi kalau tidak menarik baik dari kegrafikannya maupun tata-mainnya, anak-anak pasti akan cepat bosan”

“Boleh boleh” kata pak Bakhtiar, “masalahnya, bisa tidak ya… al-Qur`an dibikin mudah dimengerti dan menarik?”

“al-Qur`an sebagai kalam Tuhan tentu sudah given dan tidak bisa direkayasa, tetapi bagaimana mengajarkannya secara menarik dan dimengerti kok Saya yakin bisa direkayasa, dan itulah tantangan kita sebagai guru yang teknolog pembelajaran” ujarku asal-asalan.. [] Joyosuko Metro, 25/4/2010

Comments
  1. Dot Pyper says:

    I would like to thnkx stiforp for the efforts you have put in writing this site. I am hoping the same high-grade blog post from you in the future too. Stiforp In fact your creative writing abilities has encouraged me to get my own web site going now. Really blogging is spreading its wings and growing fast. Your Stiforp write up is a great example.

  2. Shane Raysor says:

    Walking out and about into the Online marketing arena can be quite a overwhelming endeavor for lawyer search engine optimization that novice internet business small business owner. These we outline twelve with a vey important details that will keep in mind making plans for the first plan.

  3. arief sugiea says:

    generasi Silver Surfers Vs generasi Millenial

    Dari sudut pandang TIK, maka manusia yang hidup sekarang ini dapat dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:
    a. Silver Surfers yang berumur > 60 tahun;
    b. Baby Boomers yang berumur sekitar 40 – 60 tahun;
    c. Generation-X yang berumur sekitar 30 – 40 tahun;
    d. Generasi Millenial yang berumur ABG atau pubertas s/d 30 tahun.
    saya melihat anak-anak masa kini berbeda dengan anak zaman bahula (zaman dahulu), anak sekarang adalah generasi millenial yang serba eksploratif, inovativ,unik, kreatif, dan berbeda dengan naluri massa umum. dalam hal pengajaran sesuatu hal baik itu pembelajaran agama atau pun yang lainnya akan menarik bagi generasi ini bila mana hal itu dibungkus dengan metode yang menarik menantang kayak main game dan tidak ketinggalan juga penggunaan fasilitas tekno.. seumpama itu terlaksana pembelajaran baca quran atau apalah anak akan tertarik…. yang menjadi pr bagi kita generasi kita bagaimana mengimbang generasi millenial ?
    apakah kita harus melek teknologi?
    apakah kita harus pendai ber teknologi ria?

Leave a Reply

