Archive for September, 2009

Hiburan

Posted: September 27, 2009 in cerpen

Cerpen, Saiful Amien

muslimah3“Pacarmu?”
“Entahlah”
“Yang tegas. Kongkret. Jangan plintat-plintut. Kayak kentut, tahu?!”
“Nggak tahu ”
“Saya nggak mau tahu: kamu tahu atau tidak tahu, yang pingin saya tahu adalah ini pacarmu apa bukan?”
“Kan sudah saya bilang, saya tidak tahu!”

(more…)

Publikasi Hasil Penelitian, Saiful Amien.

Abstrak:

tpaThis article studied about learning and teaching methodology of qur`anic recitation at TPAs (Taman Pendidikan al-Qur`an) in Lowokwaru Malang, and aimed to answer these questions below: 1) How are the learning methodology of qur`anic recitation at all TPA in Lowokwaru Malang?; 2) what are the uniqueness of those learning designs?; and 3) what are the problems of those learning designs?

This article found 7 methodologies of learning of qur`anic recitation at TPAs in Lowokwaru Malang. There were Baghdadi, Iqra`, Qira`ati, Tartila, Nahdliyah, and Yanbu’a.

Teaching of qur`anic recitation at TPAs in Lowokwaru, generally, developed in same design. That can be looked at goal and target of learning, input (student), curriculum design, learning time, learning strategy/method, leveling (based on module), and subject matter. Those 7 methodologies above just led to differences in any aspects of those learning designs. Like in approaches and ways of teaching, class management (formal, nonformal or informal), and teaching development. Even though like that, those methodologies brought uniqueness themselves.

Kata Kunci: Pembelajaran, Taman Pendidikan al-Qur`an, Metode

[Artikel ini telah dimuat di Jurnal Penelitian Pendidikan, Lemlit. Univ. Negeri Malang Tahun 19/Nomor 1/April 2009, halaman 68-81]

(more…)

Publikasi Hasil Penelitian, Saiful Amien.

Abstract:

tk abaThis paper study about perception of Muhammadiyah Community on TK Aisyiyah at Kota Malang. In this article, the author describes that the Muhammadiyah community have varies perceptions on TK Aisyiyah as Muhammadiyah Preschool Education. Based on understanding that perception is a process or result of becoming aware of object, so the Muhammadiyah community’s choices of preschool for their children are divided into three categories: pragmatic, rational, and ideological.

Kata Kunci: Pendidikan, Persepsi, Muhammadiyah, TK Aisyiyah, Prasekolah

(more…)

Nordin Top-Markotop

Posted: September 18, 2009 in celetukan
Tags: , , , ,

nordin“Negeri Dongeng!!” ujar Kang Ri tiba-tiba menyentak. Mengagetkan.

“Ada apa sih, Kang?!” tanyaku agak mangkel. Bagaimana tidak? Tidak ada hujan, tidak ada angin, tiba-tiba kuli bangunan ini berteriak. Di depan telingah saya lagi..

“Negeri kita ini benar-benar telah menjadi negeri dongeng!” jawabnya tidak kalah keras.

“Maksud sampean, negeri ini memiliki banyak dongeng?” kataku, “Lha memang begitu Kang adanya. Ada dongeng Malin Kundang, Kancil Nyolong Timun, Misteri Gunung Berapi dan masih banyak lagi..”

(more…)

Mudik

Posted: September 15, 2009 in celetukan

GW4324~Brilliance-PostersHari ini, saya dan keluarga mudik. Belum pernah saya melacak arti asal dari kata “mudik” dan sejak kapan secara antropologis kata ini begitu melekat dalam tradisi lebaran di tanah air kita. Ada yang mengatakan mudik berarti kembali ke udik. Pulang kampung dalam pengertian lainnya. Namun tentunya bukan pulang selamanya, karena kebanyakan kita telah memiliki kehidupan yang tetap di kampung baru. Karena itu, di sinilah sisi menarik tradisi “mudik” itu bisa dimaknai. yakni, kembali untuk melesat lagi.

(more…)

KATROK

Posted: September 14, 2009 in celetukan

IMG_0775“Kang, kadang aku kok merasa iri dengan sampean” kataku pada Kang Ri di suatu sore menjelang buka puasa.
“Jo ngenyek, Dul! Tak keplak koen!”
“Benar nih, Kang. Saya serius!” ujarku mantap.
“Dasar cah geblek!, aku  gak ngereken!”
“Suwer Kang!” kataku sambil kuacungkan dua jari, telunjuk dan tengah hingga membentuk huruf V.
“Jidatmu asin! Plak!” katanya sambil memukul jidatku yang botak ini, “rasain, biar tambah rontok tuh rambut. Ramadhan begini kok masih bisa-bisanya menghina orang!”
(more…)

PUASA

Posted: September 7, 2009 in celetukan

Cho Mehman“Dul, kamu puasa?”
“Puasa, Pakde” jawabku.
“Berapa kali batal?”
“alhamdulillah, belum pernah Pakde!” kataku mantap.
“selama bulan puasa ini, berapa kali kamu marah?”
“hemmm…” aku berpikir, menebak apa yang dimaui oleh orang tua ini.
(more…)