Archive for July, 2009

DINNER

Posted: July 13, 2009 in celetukan

art_collage“Awak dari Jawa kah?” tanya ibu berjilbab yang duduk di sampingku dalam logat melayu.
“Benar” Jawabku, “Saya dari Jawa Timur. Kalau ibu sendiri dari mana?”
“Saya dari sini aja, Malaysia” ucapnya, “Saya suka bahasa Indonesia. Lebih halus. Kalau ada kesempatan di manapun saya nak cakap bahasa Indonesia”
“Pernah ke Indonesia?” tanyaku.
“Beberapa kali, untuk acara seminar. Sebenarnya kakek buyut saya dari Sumatera”
“Benarkah?”
“Dari Sumatera Barat. Tanah minang. Saya dah generasi kelima di sini”
(more…)

TERAPUNG

Posted: July 5, 2009 in celetukan

MH5021~Destination-I-Posters“Ayo naik Dul..” Haji memintaku untuk naik kelotok, perahu motor yang kami sewa. Sejak habis subuh memang dia telah menjemputku dari hotel dan membawaku ke dermaga, tempat penyewaan kelotok. Kami merencanakan untuk mengunjungi pasar terapung. Itu tuh yang sering nongol sebagai backgroud iklan RCTI. Asyik juga, pikir saya. Ini tentunya akan menyenangkan untuk dijadikan bahan bacaan.
(more…)

DERMAGA

Posted: July 4, 2009 in celetukan

A1JenDelythCelticArtLogo“Ke mana nih kita pergi, Ji?” kataku pada Haji, teman yang memang sejak kecil telah menunaikan rukun Islam yang kelima itu.
“Kita ke pasar apung” jawabnya singkat.
“Pasar apung yang kayak di tipi itu?”
“Iya” katanya sambil terus memboncengku di atas Meonya. Melewati perkampungan Banjar dengan rumah-rumah Banjarnya yang serba kayu. Rumah panggung di atas rawa dengan genting sirapnya yang khas. Terbuat dari kayu ulin dipotong melebar 6 centian, tipis-tipis dengan ujung melancip, lalu ditancapkan diatas rumah dengan paku kecil (jawa: paku triplek/paku rujak) secara tersusun rapi dan rapat sehingga memunginkan hujan tidak tebus.
(more…)

PENGAJIAN

Posted: July 1, 2009 in celetukan

art-6“Bilangnya mau ikut tabligh akbar? Eh, ditunggu gak datang. Piye toh Kang?” kataku saat ketemu Kang Ri tadi malam.
“sory, Dul” jawabnya, “Adike Tole nggak bisa ditinggal jhe. Badannya panas dan batuknya saling bersinambung”
“Udah dibawa ke dokter?”
(more…)