Jalan Hidup

Posted: January 1, 2009 in celetukan

tawfeeq-tTadi malam, saya mengikuti kajian rutin dwimingguan mahasiswa Indonesia di King Saud University Riyadh. Sebagai sekadar “ole-ole”, saya ingin berbagi perenungan dengan Anda. Tentunya tulisan ini telah melalui adonan bahasa dan interpretasi saya. Semoga bermanfaat.

Seperti biasanya acara ini dimulai dengan makan bersama. Menunya khas masakan Indonesia, sambal pecel dengan lauk ayam dan telur. Tentunya, menjadi pengobat rindu tersendiri bagi para mahasiswa yang selama di Riyadh ini hanya bersantap dengan masakan asing. Sehabis makan, kajian pun dimulai. Kali ini, diawali dengan istinbath hadits yang dihantarkan oleh saudara Mubasyir Munir dan dipamungkasi dengan kajian inti oleh Ust. Bakhir, Alumni s2 Jami’ah Imam Riyadh yang kebetulan hadir di sini untuk mendampingi para peserta pelatihan hakim agama dari Indonesia.

The main idea, gagasan utama dari paparan pemateri adalah bagaimana kita menjadikan Islam benar-benar menjadi “way of life”, jalan hidup di mana pola pikir (paradigma, ideologi, cara pandang, cagar bahasa) dan gerak langkah hidup dan kehidupan kita hanya tertuju dan bersandar pada Allah SWT. Sebagaimana yang tergambar dalam doa iftitah, pembuka shalat: إن صلاتى ونسكى ومحياي ومماتى لله رب العالمين , “sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya teruntuk Allah, Pemilik alam semesta”.

Al-Quran di beberapa ayat permulaan surat al-Baqarah telah memotret beberapa jalan hidup yang sering dipilih oleh manusia untuk menata gaya kehidupannya, yaitu: 1. al-Mu’minun al-Muttaqun (ada 4 ayat); 2. al-Kafirun (2 ayat); dan 3. al-Munafiqun (12 ayat).

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s