BIASA AJA

Posted: January 1, 2009 in celetukan

bm_massoudy_200x270Tiada tradisi khusus bagiku untuk menyambut taon baru. Semuanya mengalir begitu saja. Mungkin ente mengatakan: kok datar-datar, hidup tiada berwarna, hidup tiada rasa, katrok! dan sejenisnya. Tetapi begitulah diriku, dan demikianlah “tradisi” yang berlaku di keluargaku. Senang-senang, suka cita, bagi kami amat mubadzir untuk sekadar menyambut taon baru. Karena selain saya tidak mampu membeli “kesenangan” seperti itu, juga karena saya tidak dibesarkan dalam “kesenangan” semacam itu. Sehingga tidak ada sedikitpun dalam diri ini keterpautan emosionil dengan apa yang dikatakan perayaan taon baru.

Nah, kok kebetulan, dua kali pergantian taon saya selalu di negeri yang sengaja tidak memperdulikan pergantian tahun. Taon baru 2008, saya di kota Qum, Iran. Jam 12 teng, kala itu justru saya sedang ngerebus supermi untuk mengobati lidah yang dah rindu masakan Indonesia. Taon baru 2009, saya di kota Riyadh, Saudi. Sedang makan pecel dengan lauk ikan asin bersama kawan-kawan, nikmat… terobati dah kerinduan akan kuliner tradisional jawa timuran….

Comments

Leave a Reply

