MK. MEDIA PEMBELAJARAN PAI 2

SILABI

MEDIA PEMBELAJARAN PAI 2

IDENTITAS MATA KULIAH:

Nama Mata Kuliah : Media Pembelajaran PAI 2
Jenjang Mata Kuliah : S-1
Fakultas/Jurusan : Agama Islam / Tarbiyah
Semester / tahun : VI/ 2010-2011
Jumlah SKS : 2 (dua)
Fasilitator : Saiful Amien, S.Ag

DESKRIPSI MATAKULIAH:

Matakuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa selain pemahaman tentang konsep dan prinsip media berbasis TIK juga memberikan pengalaman pada mereka dalam merancang, membuat dan mempraktikkan media berbasis TIK untuk pembelajaran PAI (materi SD/SMP/SMA dan sederajat)

STANDARD KOMPETENSI:

Setelah belajar MK ini, mahasiswa mampu memahami dan menciptakan media pembelajaran PAI (SD/SMP/SMA dan sederajat) yang berbasis TIK

KOMPETENSI DASAR (INDIKATOR):

Setelah belajar MK ini, mahasiswa mampu:

  1. Menjelaskan posisi, peran dan fungsi media dalam pembelajaran
  2. Mengidentifikasi jenis media berbasis TIK yang sesuai dengan tipe pesan pembelajaran (materi) PAI
  3. Menyikapi dan memilih jenis media berbasis TIK yang tepat guna, sesuai dengan tipe pesan pembelajaran (materi) PAI
  4. Mampu mendesain dan membuat media berbasis TIK yang tepat guna, sesuai dengan tipe pesan pembelajaran (materi) PAI

MATERI PERKULIAHAN:

Pertemuan 1 : LEARNING NEED ASSESSMENT & KONTRAK BELAJARDi sini dosen dan mahasiswa melakukan taarruf terkait dengan belajar dan pembelajaran yang akan dilaksanakan secara bersama-sama. Pertama, dosen menjelaskan orientasi dari MK ini; kedua, mengkritisi dan merevisi draf silabi yg diajukan oleh dosen berdasar kebutuhan belajar mahasiswa; ketiga, menyepakati sistem, aturan, jadwal, tempat hingga koordinator kelas.
Pertemuan 2 : POSISI, PERAN DAN FUNGSI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PAI (LECTURING):Di sini didiskusikan tentang pelbagai definisi dari gagasan kunci, seperti media, pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam (PAI); posisi media baik dalam desain maupun sistem/proses pembelajaran; fungsi media dalam pembelajaran; juga pelbagai landasan penggunaan media.. (slide presentasi dlm format pdf., klik di sini!)
Pertemuan 3 : MENGIKHTIARI  MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN PAI (LECTURING):Di sini dibahas tentang pelbagai variabel yang menjadi pertimbangan dalam merancang media pembelajaran. Selain karakteristik peserta didik dan kendala, juga tidak kalah pentingnya adalah mempertimbangkan tujuan dan karakteristik materi PAI.. (slide presentasi dlm format pdf., klik di sini!)
Pertemuan 4 : PENGGOLONGAN MEDIA DAN PEMANFAATANNYA (LECTURING):Di sini dibahas tentang perangkat dan klasifikasi media yang dimungkinkan untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran PAI…(slide presentasi dan sumber informasi lainnya dlm format pdf, klik di sini! dan di sini!)
Pertemuan 5 : ANALISIS MEDIA UNTUK  PEMBELAJARAN PAI 1 (LECTURING):Di sini dibahas tentang karakteristik media dua dimensi dan media tiga dimensi yang dimungkinkan untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran PAI… (slide presentasi dlm format pdf. klik di sini: Media 2D dan Media 3D)
Pertemuan 6 : ANALISIS MEDIA UNTUK  PEMBELAJARAN PAI 3 (LECTURING):
Di sini dibahas tentang media audio-video yang dimungkinkan untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran PAI… (slide presentasi dan sumber informasi lainnya dlm format pdf. klik di sini!, di sini, dan juga di sini! )

Pertemuan 7 : UJIAN TENGAH SEMESTER
Materi ujian dan waktu pengumpulannya… klik di sini!
Pertemuan 8 : MERANCANG PRESENTASI “POWERPOINT” YANG EFEKTIF-MENGASYIKKAN (LECTURING)Di sini tidak dibahas bagaimana teknik menggunakan Powerpoint untuk presentasi, tetapi lebih pada diskusi tentang prinsip-prinsip yang mesti dipertimbangkan dan “dosa” yang mesti dihindari agar presentasi Powerpoint menjadi efektif dan menarik.. Slide presentasi dalam format ppt klik di sini!
Pertemuan 9 & 10 : PRAKTIKUM [1]: “ANALISIS MATERI,  METODE & PENGEMBANGAN RPP” (LESSON STUDY) KEGIATAN PERSIAPAN : Praktikan di luar perkuliahan, 1) Memilih dan menganalisis 1 topik materi PAI (SD/SMP/SMA) yg akan diajarkan*;  2) merencanakan metode pembelajarannya; 3) merencanakan media pembelajarannya; 4) menuliskan semua itu ke dalam draf RPP/Lesson Plan; 5) menggandakan draf RPP sebanyak anggota kelompok.KEGIATAN LESSON STUDY : Praktikan secara berkelompok/di dalam perkuliahan , 1) membagikan draf RPP kepada anggota kelompok; 2) mempresentasikan draf RPP secara singkat; 3) anggota klp mereview draf RPP yang dibagikan; 4) anggota klp memberikan saran & masukan perbaikan; 5) bersama melakukan refleksi (proses & hasil); dan 6) membuat catatan kritik/saran perbaikan dan berita acara Praktikum I.KEGIATAN BALIKAN: Praktikan di luar perkuliahan,  sesuai kritik dan saran yang berkembang: 1) mematangkan pelbagai alternatif metode pembelajaran yang akan digunakan; 2) mematangkan pelbagai alternatif  media yang akan digunakan; 3) Menuliskan itu semua dalam revisi RPP; 4) menggandakan revisi RPP sebanyak anggota kelompok; dan 5) membuat/mengembangkan media pembelajaran PAI yang akan digunakan
Download Pembagian Kelompok dlm format pdf.. Klik di sini! / Download Alur Praktikum dlm format pdf.. Klik di Sini / Download Contoh Format RPP dlm format pdf. Klik di sini! dalam format Word, Klik di sini!
Pertemuan 11 : PRAKTIKUM [2]: “ANALISIS DESAIN METODE & MEDIA” (LESSON STUDY )KEGIATAN LESSON STUDY: Praktikan secara berkelompok/di dalam perkuliahan , 1) membagikan revisi RPP kepada anggota kelompoknya; 2) mempresentasikan revisi RPP dan media yg telah dikembangkan; 3) anggota klp mereview lagi revisi RPP dan media yg telah dibuat; 4) anggota klp memberikan saran & masukan perbaikan; 5) bersama melakukan refleksi (proses & hasil); dan 6) membuat catatan kritik/saran perbaikan dan berita acara Praktikum II.KEGIATAN BALIKAN :Praktikan di luar perkuliahan,  sesuai kritik dan saran yang berkembang: 1) merevisi lagi  RPPnya; 2) menyempurnakan media yang telah dikembangkan; 3) menggandakan revisi RPP sebanyak anggota kelompok; dan 5) menyiapkan fisik dan psikis untuk tampil ujicoba metode dan media pembelajaran PAI
Pertemuan 12-15 : PRAKTIKUM [3]: “PENGGUNAAN METODE/MEDIA PEMBELAJARAN PAI (LESSON STUDY)KEGIATAN LESSON STUDY : Praktikan di dalam perkuliahan , 1) membagikan print-out (photocopy) revisi RPP kepada anggota kelompoknya; 2) mempraktikan RPP dengan mengaplikasikan metode dan media pembelajarannya dalam micro teaching; 3) anggota kelompoknya mengamati, mengkritisi dan membuat catatan saran perbaikan; 4) dalam diskusi kelompok, anggota kelompok memberikan saran & masukan perbaikan; 5) bersama melakukan refleksi (proses & hasil); dan 6) membuat catatan kritik/saran perbaikan dan berita acara Praktikum III.KEGIATAN BALIKAN : Praktikan di luar perkuliahan,  sesuai kritik dan saran yang berkembang: 1) menyusun portofolio dan evaluasi diri tentang proses dan hasil belajarnya selama praktikum ini berlangsung; 2) menyerahkan secepatnya kepada dosen pengampu
Pertemuan 16 : UJIAN AKHIR SEMESTERSistematika penulisan Proses/Portofolio dalam format Pdf. klik di sini!
:

BENTUK PEMBELAJARAN

Model : Information processing dan  social interaction
Strategi : Direct, indirect, interactive, dan experimental & problem based learning
Metode : Lecture, inquiry, case study, cooperative learning, lesson study..
Tugas : Merancang, membuat dan mempraktikkan media pembelajaran PAI berbasis TIK
Media : LCD, papan tulis, kertas, internet dll.
Evaluasi : Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Porto/prosesfolio (perancangan, pembuatan media & praktik penggunaannya), dan keaktifan berdiskusi.

SUMBER INFORMASI:

Degeng, Nyoman Sudana, 1998. Teori Pembelajaran 2: Terapan (Draft). Program Magister Manajemen-Pendidikan Universitas Terbuka.

Mayer, Ricard E., 2009. Multi-Media Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. ITS Press & Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Smaldino, Sharon E., dkk. 2007. Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Merrill/Prentice Hall.

Suryaman, Isman H. 2007. 7 Dosa Besar (Penggunaan) Powerpoint: Kiat Menyajikan Presentasi yang Menarik. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Vaughan, Tay. 2006. Multimedia: Making It Work. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Dll. (menyusul)

SUMBER BELAJAR LAIN (langsung klik aja!):

Media Pembelajaran: Arti, Posisi, Fungsi, Klasifikasi dan Karakteristiknya (edukasi.kompasiana.com: rekomendasi dari Samiani)

Berbagai Jenis Media Pembelajaran

Mengenal Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

 

MK. MEDIA PEMBELAJARAN PAI 2, SEMESTER GENAP 2013-2014

1. SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER

Comments
  1. termas kasih ust, sangat memudahkan untuk pelajaran kita

  2. rofi says:

    pak amin gmn cara membuat suatu desai pesan dalam pembelajarn terkait dengn prinsip2 persepsi.. terimakasih pak..

  3. benramt says:

    kejutan dari Allah, min haistu la yahtasib insyaallah… makasih atas doanya..

  4. feri says:

    sukses ya pak ntar ada kejutan buat bapak

  5. miaqu says:

    pak amin terimakasih. atas ilmunya. q jadi semakin paham walaupun masih sedikit bingung dengan taksonomi bloom. Eh di salatiga mencipta taksonomi tanaman… huh malunya aq

  6. benramt says:

    sudah tuh, sudah diupload sejak tadi subuh.. trims atensinya!

  7. anisa says:

    ustadz.kapan sistematika tugas dan contoh rpp ala ustadz di upload.coz nympn dr tmn2 tdk bs di buka

  8. benramt says:

    @Rudini dkk: slide presentasi sudah diupload. Anda masuk pada Materi Perkuliahan di atas. karena slide tersebut dicangkokkan pada setiap topik bahasan. selamat belajar!

  9. rudini and suluh says:

    pak….mana ppt ny mna…???
    g sbr pngn download, udh nunggu nich….
    cpetan yahhhhh……n_n

  10. samiani says:

    Assalammualaikum…
    pak… saya mo numpang ngrim artikel berkaitan matkul ini bisa mnt tlg krn alamt emailnya pak amin. untuk sementara berikan almt webx aj…

    http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/18/media-pembelajaran-arti-posisi-fungsi-klasifikasi-dan-karakteristiknya/

    http://data.tp.ac.id/media/10/video/Cooperative+Teaching
    (pak tlg downloadkan q lht videox bagus)
    nnt q ngopy filex.

    smg bermanfaat untk smuax. mkash

  11. benramt says:

    tidak hanya boleh.. tapi juga rasa terima kasih senantiasa mengiringi bagi siapa saja yang mau berbagi informasi atau sumbernya untuk diakses teman-teman yang lain.. knowledge for all, wisdom for all.. maksih mas jun sebelumnya..

  12. junaidi says:

    Assalamu alaikum…
    pa ntar saya bisa naruh tulisan saya terkait dengan mat. kuliah ini (Media Pembelajaran) ya?
    untuk membagi.
    makasih, wassalamu alaikum

  13. Muhammad Hasyim says:

    Pak kok cuman dapat silabusnya aja…>>> ? lau bisa materi Kulx disetiap pertemuan diUpload yaa Pak untk dipelajari…>>> mAkSi… jzk…khair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s